Cari Blog Ini

Minggu, 06 Agustus 2017

Kepedulian Jokowi Terhadap Santri dan Pesantren Indonesia


 

Saya sebagai warga negara Indonesia yang merasakan perbedaan kondisi komunikasi publik antara yang terjadi pada beberapa tahun silam dengan masa kini, saya telah merasakan bedanya. Semenjak kepemimpinan  dari awal hingga kinerja Jokowi melalui masa kuartal pemerintahan telah menciptakan tatanan hidup yang ukhuwah islamiyah. Hal ini ditandai dengan bertambahnya mosi kepercayaan yang ditujukan kepada Jokowi sendiri.
Saya merasa bangga menjadi santri yang dapat merasakan karya Jokowi, karena  hanya dengan perasaan tersebut sangat memotivasi diri sehingga dapat hadir untuk menyemarakkan kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintahan Jokowi. Yakni untuk berpartisipasi sebagai insan yang  dapat membantu sesama dalam tampuk kehidupan bernegara.
Mengapa saya memilih topik ini ? karena kebetulan saya mengikuti kegiatan pesantren sudah satu setengah tahun lalu, waktu yang singkat tersebut tidak menyurutkan saya untuk menulis tentang bagaimana prospeknya sebuah misi jika pada sebelumnya saya telah memilih jokowi untuk gebrakan kini saatnya untuk pro terhadap manajemennya menghadapi lawan politik maupun berunding dengan kolega beliau.
Sesungguhnya, panggilan beken atas aksi jokowi mengguncang indonesia dengan idenya yang berjudul revolusi mental telah menggubah pandangan publik. jadi menurut apa yang telah saya rasakan selama ini, perjuangan atas revolusi mental yang menyangkut dalam dunia santri mencuatkan jiwa bela negara yang ada pada santri tersebut.
Saya merasakan pesan yang disampaikan jokowi acap kali berbicara mengenai perubahan untuk menuju taraf standar baik sebuah bangsa, yang mana jadilah seorang santri yang tetap membuat karya meskipun mondok di pesantren maupun tidak. Melalui pesan tersebut jokowi telah menggugah jiwa semangat para santri untuk berperan aktif untuk masa yang akan datang. Saya telah merasakan bagaimana menjadi seorang santri yang setiap hari mendapat pencerahan untuk berubah lebih baik, sungguh luar biasa.
Bagi saya, Jokowi merupakan sosok penyambung insan yang telah mengupayakan tercapainya keselarasan hidup bersama, dengan demikian hubungan  dengan pesantren maupun santri indonesia yang dibangun Jokowi perlu dipandang secara jelas. Yangmana hal tersebut akan menaikkan kepercayaan publik di mata nasional, acapkali goresan tinta emas dalam artian terobosan dalam sejarah yang dilakukan oleh Jokowi membuat publik merasa semakin percaya terhadap kinerja yang telah dilakukannya.jokowi dan partner.
Saya tahu dari berbagai berita dimana jokowi sering mengunjungi pondok pesantren. Dimana  jokowi juga memberikan atensi yang baik terhadap para santri, karena Tak hanya perihal kunjungan namun  jokowi juga berhubungan baik dengan para ulama. Saya rasa ini merupakan hal yang mengagumkan karena frekuensi kesempatan yang dimiliki jokowi lebih banyak.
Saya merasa kehidupan santri dan pondok pesantren telah berangsur – angsur menemukan berkah dari kepemimpinan Jokowi, alhasil salah satu yang akan saya sebutkan yakni pembangunan asrama santri di daerah Jawa barat dan batak telah tercapai. Gedung yang terletak di batak merupakan milik santriwati. Saya sendiri juga pernah merasakan bagaimana menjadi seorang santri yang tinggal di asrama ma’had, bangunan besar kokoh menampung hingga 500 orang dan pengalaman tinggal serta memperdalam ilmu disana merupakan suatu anugrah bagi diri saya.
Berbicara mengenai janji yang diutarakan oleh jokowi mengenai pesantren yang diberi aset negara tentu hal tersebut merupakan ladang kebaikan, aset negara ini bisa berbentuk lahan yang perlu diproses oleh pesantren yang mana diberikan oleh beliau demi kebaikan bersama. Saya sebagai pribadi yang merasakan bahwa kesempatan ini perlu dipertimbangkan  secara masak- masak bagi pengelola aset negara hingga hasil nantinya yang akan dituai  karena menyangkut pertanggung jawaban.
Berbicara mengenai nilai plus Jokowi, saya sadar akan sebuah tanggal yang mana membuat diri saya merasa bahagia sebagai seoang santri. ya peringatan hari santri bertepatan tanggal 22 oktober, dimana setiap tanggal tersebut memberikan momentum indah bagi otak saya, kegiatan lomba bertemakan ukhuwah yang serta merta mencairkan suasana. Para santri tersenyum gembira menyambut hari santri, saya sudah merasakan gema ini dimulai sejak tahun 2015.Dengan adanya hari santri mengindikasikan bahwa pembangunan karakter santri digalakkan melalui pesantren.
Pembangunan karakter santri maka Bertolak terhadap Pendidikan diniyah yang mana hal ini dicetuskan jokowi  telah  memberikan pencegahan yang berarti pada perubahan dunia, mencagah dampak globalisasi buruk sebagaimana bumi pertiwi yang kita pijak telah berkembang pesat akan kemajuan teknologi dengan sisi positif maupun negatif dan Saya merasakan sendiri bagaimana pendidikan diniyah yang begitu berpengaruh kepada diri saya hingga saat ini. Pengaruh yang begitu lekat membawa alam kesadaran ke tingkat yang lebih rasional.
Jika pendidikan diniyah menjadi awalan usaha dalam tercapainya tujuan bangsa maka selanjutnya hal yang saya ketahui  Jokowi mengikrarkan diri bahwa beliau selalu ada untuk membantu pesantren yang tidal radikal. Kemudian hari saya teringat bahwa radikal itu kurang menguntungkan ditinjau dari sisi manfaat ataupun energi yang dikeluarkan oleh radikalis. Dengan demikian paham yang jokowi sampaikan menyiratkan untuk terus berhubungan dengan orang yang bisa dikatakan alim dan moderat demi menjaga persatuan dan kesatuan.
jokowi dengan ide-ide cemerlangnya telah memberikan perubahan yang berarti bagi santri indonesia dan pihak pesantren. Saya menyadari bahwa Seberapa banyak daftar capaian jokowi yang mampu diperbaiki tergantung oleh apapun yang mendukung yakni kita sebagai warga negara yang baik, benar dan taat hukum.
demikian terhitung dari awal menjabat jokowi membuat jumlah yang dikeluarkan sebagai output keberhasilan . hal ini dapat pula diartikan bahwa seluruh datasemen pembuat kebijakan yang berarti bagi NKRI masih berlanjut, Maka secara komprehensif dibutuhkanlah jokowi dan jajaranya untuk Indonesia hebat .
Saya pikir bahwa segala yang jokowi telah lakukan membuat santri dan pesantren lebih menjadi bagian tonggak utama dalam perkembangan teknologi yang kini cenderung banyak menggunakan AI. Saya yakin bahwa kita semua giat dalam bekerja dan belajar  mengindikasikan Indonesia akan menjadi negara yang sejahtera. Tak dinyana banyak batu karang yang melintas dalam perjuangan jokowi akan hanya menjadikan sebagai pemacu perihal apa yang perlu ditingkatkan. Sesungguhnya lebih baik terjaga untuk bisa ikut serta memantau program jokowi. Semoga gebrakan – gebrakan yang lainya membawa dampak lebih baik bagi santri dan pesantren di indonesia kedepannya.

0 komentar:

Posting Komentar