Cari Blog Ini

Sabtu, 07 Oktober 2017

Bagaimana Cara Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Dari Internal Dan Eksternal

Sejak proklamasi kemerdekaan, memang keberadaan Negara Kesatuan Republik Indonesia juga ternyata pernah mengalami pasang surut. Gangguan demi gangguan yang ingin berusaha memecah belah dan membubarkan Republik Indonesia sudah banyak terjadi, baik yang berasal dari luar ataupun dari dalam negeri.  

Tantangan yang selalu dihadapi pada bangsa Indonesia ini yang ada di lingkungan internal adalah mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia agar selalu tetap utuh dan juga selalu bersatu. Globalisasi begitu cepat hadir dengan kehidupan masyarakat Indonesia pada dewasa ini. Fenomena globalisasi ini tentu membawa angin perubahan terhadap setiap kondisi kemasyarakatan yang ada di masa mendatang. Memang dalam Kecepatan arus informasi untuk mendistribusikan opini dan berita publik telah sedemikian tepatnya mengubah pandangan dan wawasan seseorang. Proses perubahan yang demikian cepat akibat globalisasi tersebut membawa dampak yang tidak kecil bagi kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat bagi Indonesia.  

Bagaimana Cara Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Dari Internal Dan Eksternal


Di Indonesia sampai detik ini masih berpotensi sangat ancaman kedaulatan negara yang biasanya berbentuk konflik pada area perbatasan, pelanggaran wilayah, serta adanya indikasi gangguan keamanan maritim dan dirgantara, gangguan keamanan di wilayah perbatasan berupa melintas batas secara ilegal tanpa izin pada negara, kegiatan penyelundupan senjata dan bahan peledak, masalah separatism, ancaman terorisme dalam negeri dan sebagainya. 

Tantangan Bangsa Indonesia Secara Eksternal
Tantangan eksternal adalah segala bentuk gangguan yang biasanya akan datang dari luar negeri yang dapat menggoyahkan persatuan dan kesatuan di Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI). Serta Faktor tantangan eksternal merupakan faktor yang memnag dapat timbul dari luar negara Indonesia, jika masyarakat Indonesia sendiri tidak menyadarinya, rakyat akan dengan mudah tercerai berai. Berikut adalah macam-macam tantangan eksternal:
  1. Campur tangan asing
  2. Masuknya budaya asing

Tantangan Bangsa Indonesia Secara Internal 
Tantangan secara internal adalah segala suatu bentuk gangguan yang biasnya datang dari dalam negeri yang mempunyai tujuan untuk menggoyahkan kesatuan dan persatuan NKRI. Gangguan-gangguan itu dapat menghambat pembangunan nasional untuk menghadapi tantangan yang tidak ringan. Perubahan pada auatu aspek kultur dan juga pada tata nilai,dapat diarahkan pada sikap dan perilaku penyelenggara pertahanan negara dalam memposisikan tugasnya sebagai insan pertahanan negara yang profesional. Berikut ini adalah macam-macam tantangan internal:
  1. Potensi kekayaan budaya dan ketidakadilan ekonomi
    Gerakan separatisme muncul akibat adanya aspirasi yang tersumbat atau tidak sampai ke pemerintahan pusat, juga tidak adanya keadilan ekonomi dan pembangunan yang merata di beberapa daerah. 
  2. Perpecahan dan disintegrasi 
    Apabila ada yang ingin mengubah NKRI, sudah dipastikan akan banyak daerah di Indonesia yang ingin segera memisahkan diri dan mendirikan negara sendiri, tidak semua daerah yang berbeda kultur dan budaya akan bisa menerima konsep baru. 
  3. Pertikaian horizontal 
    Mengubah NKRI Sama halnya dengan merombak total semua bangunan yang ada di Negara Republik Indonesia. Dengan demikian, jika kita sudah tidak berlaku dan sebagaimana mestinya sebagai bangsa indonesia, Jika kita salah mengurus negara ini, tidak mustahil kita sendiri yang akan menghancurkan negara tercinta.

Berikut Ini Adalah Upaya Menjaga Keutuhan NKRI:
  1. Saling menghormati perbedaan.
  2. Mempertahankan kesamaan dan kebersamaan. 
  3. Selalu Menjaga wilayah serta kekayaan tanah air Indonesia. 
  4. Memiliki semangat persatuan yang berwawasan Nusantara, yaitu semangat mewujudkan persatuan dan kesatuan dalam segenap aspek kehidupan sosial. 
  5. Menaati peraturan agar kehidupan berbangsa dan bernegara berjalan dengan tertib dan aman. Jika peraturan dilanggar maka akan terjadi kekuasaan yang dapat menimbulkan perpecahan.

0 komentar:

Posting Komentar