Cari Blog Ini

Selasa, 28 Maret 2017

Perkuat Ideologi Pancasila dan Agama, Cegah Paham Radikal Terorisme Masuk ke Perguruan Tinggi

Image result for mahasiswa tangkal terorisme
 
Mataram, NTB - Kampus sebagai ranah publik mudah dijadikan sasaran teroris untuk menanamkan paham radikalisme ke mahasiswa. Lanjutnya, mahasiswa rawan sekali terhadap radikalisme karena mereka memiliki jiwa muda yang masih ingin mencari jati dirinya. Kedua, mahasiswa cenderung memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap sesuatu. Untuk itu, mahasiswa harus mampu berpikir kritis sehingga dapat memahami persoalan yang ada di masyarakat. 
Penanaman ideologi Pancasila dan pendekatan agama menjadi faktor penting untuk mencegah masuknya paham radikalisme di kampus. Tidak hanya sebagai MKU (Mata Kuliah Umum-red) semata, namun bagaimana implementasinya di dalam kehidupan sehari-hari. Mata kuliah yang baik harus mampu menjawab permasalahan yang ada di lingkungan. Mahasiswa sebagai kaum intelektual harus bisa memahami dan ikut mencegah terjadinya masalah tersebut
Terakhir, upaya pencegahan paham radikal terorisme di perguruan tinggi harus dilakukan secara berkesinambungan. Penyadaran tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja, namun juga dosen dan mahasiwa harus memiliki kepedulian untuk melawan radikalisme.
Penanaman ideologi Pancasila dan UUD 1945 penting bagi mahasiswa dan kampus agar tidak mudah disusupi terorisme. BNPT telah melakukan upaya pencegahan radikalisme ke perguruan tinggi secara lebih masif dan terstruktur di tahun 2016, melalui program nasional dalam bentuk dialog publik.
 

0 komentar:

Posting Komentar