Cari Blog Ini

Selasa, 13 Juni 2017

Rektor Tegaskan Tidak Ada Ruang Bagi Ormas Anti Pancasila Di UIN Mataram


MATARAM, MetroNTB.com – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, Dr. H. Mutawali menegaskan bahwa institusi pendidikan UIN Mataram memiliki kewajiban dan tanggungjawab untuk tetap menjaga NKRI dari ancaman radikalisme dan anti Pancasila.
“Maka, kami (UIN) Mataram tidak memberikan ruang sedikitpun bagi faham radikalisme dan anti Pancasila,” tegas Rektor disela sela kegiatan talk show ramadhan di kampus UIN Mataram, Senin sore (12/6/2017).
Mutawali menjelaskan, dengan kondisi bangsa Indonesia saat ini sedang diuji oleh munculnya ormas anti Pancasila yang ingin mengganti ideology dengan sistem khilafah, tentu ini menjadi sebuah ancaman besar bagi bangsa Indonesia.
“Oleh sebab itu, semua elemen bangsa harus bersatu padu untuk merawat Pancasila sebagai Ideologi bangsa, karena persatuan dan kesatuanlah yang bisa menjaga Pancasila dan keragaman bangsa ini,” jelasnya.
Dikatakanya, UIN Mataram sebagai institusi pendidikan tentu akan menjadi pelopor dalam memberikan pemahaman, pengembangan pemikiran yang moderat dan pemikiran yang menghargai perbedaan.
“Karena perbedaan ini merupakan anugerah Tuhan yang harus kita jaga dan rawat dan tidak mungkin kita akan paksakan,” ujarnya.
Mutawali menambahkan, pendiri bangsa ini telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Maka, semua civitas akademika UIN Mataram bertanggung jawab untuk tetap menjaga empat pilar kebangsaan (Pancasila, NKRI, Bhineka Tunggal Ika dan UUD 1945).
“Sebagai bentuk komitmen UIN Mataram dalam waktu yang tepat kami akan mengeluarkan himbauan dan pelarangan segala paham radikalisme dan anti Pancasila,” tambahnya.

0 komentar:

Posting Komentar