Cari Blog Ini

Minggu, 04 Juni 2017

Aliansi Pemuda Dan Mahasiswa NTB Gelar Deklarasi Setia Pancasila


MATARAM, MetroNTB.com – Dalam rangka Memperingati hari lahir Pancasila, sejumlah massa dari Aliansi Pemuda setia  Pancasila yang terdiri dari PC PMII Mataram, PC PMKRI Mataram, PC Hikmabudhi Mataram menggelar deklarasi setia kepada Pancasila di perempatan BI Mataram pada Kamis (1/6/2017)
Sekertaris PC Hikmabhudi, Danu menyampaikan bahwa Aliansi Pemuda dan mahasiswa di Mataram NTB prihatin dengan persoalan bangsa.
“Berbagai persoalan seperti isu SARA dan isu radikalisme dianggap berbahaya bagi keutuhan bangsa. Pancasilalah yang mempersatukan kita dalam perbedaan itu,” ungkapnya.
Lanjutnya, sebagai generasi penerus, pemuda diharapkan menjadi garda terdepan menangkal upaya pemecah-belah keutuhan bangsa.
“Kondisi bangsa hari ini memang sangat memprihatinkan, serangan bertubi-tubi diarahkan kepada keutuhan bangsa ini. Beberapa peristiwa, harusnya menjadi catatan penting bagi kita,” ujarnya.
Sementara, Ketua PMKRI Mataram, Hendrikus Tipa mengatakan bahwa Pancasila tidak usah diperdebatkan lagi, karena Pancasila sudah final sebagai ideolog bangsa.
“Pancasila sudah final, siapapun yang mau merubahnya, maka kami akan melawan sampai titik darah penghabisan. Kami menolak system khilafah yang akhir – akhir ini menjadi isu yang sangat mengganggu keutuhan NKRI,” teriak Hen sapaan akrabnya dalam orasinya.
Usai merek menyampaikan orasinya secara bergiliran, aksi damai mereka ditutup dengan pembacaan deklarasi yang dibacakan oleh Ketua cabang PMII Mataram, Muh Shalihin.
Adapun naskah deklarasinya sebagai berikut. Melalui momentum hari lahirnya Pancasila, para pemuda di Mataram – NTB menyatakan sembilan komitmen. yakni : 1. Kami pemuda dan Mahasiswa tetap setia kepada Pancasila. 2. Menolak radikalisme atas nama agama, serta tolak ormas anti Pancasila. 3. Mendesak PEMDA NTB untuk tolak dan tidak memberikan ruang terhadap keberadaan ormas anti Pancasila serta menolak system khilafah. 4. Kami berkomitmen mempertahankan dan menjaga nilai-nilai nasionalisme, serta mempertahankan nilai-nilai Bhenika Tunggal Ika. 5. Kami pemuda kota Mataram siap melawan segala bentuk kekerasan yang mengancam NKRI. 6. Kami mendukung pemerintah dalam hal ini TNI dan POLRI untuk menindak tegas pelaku anti Pancasila, pelaku kekerasan atas nama apapun. 7. Kami siap meningkatkan kewaspadaan terhadap upaya penyebaran faham radikalisme anti Pancasila dan anti NKRI di lingkungan pendidikan dan pemerintahan. 8. Kami berkomitmen untuk menjaga kedamaian dan keamanan di daerah NTB. 9. Menyerukan dan mengingatkan kepada masyarakat untuk menjaga keutuhan Pancasila dari segala ancaman apapun.
“Kami dari Aliansi Pemuda dan mahasisw setia  Pancasila berkomitmen,” tegasnya usai pembacaan naskah deklarasi.

0 komentar:

Posting Komentar