Cari Blog Ini

Senin, 10 April 2017

Ratusan Ribu Warga NU Ikuti Istighosah Kubro Doakan Bangsa

Ilustrasi jemaah zikir bersama. (Antara/M Agung Rajasa).
JAKARTA – Ratusan ribu warga Nahdiyin mengikuti Istighosah Kubro di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (9/4). Jamaah Istighosah dengan tema “Mengetuk Pintu Langit Menggapai Nurullah” ini berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur.
Istighosah Kubro ini dilakukan untuk memperingati Hari Lahir ke 94 NU dan mendoakan bangsa agar terhindar dari permasalahan.
Tampak jamaah Istighosah Kubro juga memadati area luar stadion. Mereka tetap khusyuk berdoa meski di bawah terik matahari dan duduk beralaskan tikar.
Menurut Ketua PWNU Jawa Timur, KH M Hasan Mutawakil Allallah, Istighosah digelar sesuai instruksi kyai sepuh dan kyai di struktur unsur syuriah dan tanfidzah PWNU. “Dan cabang-cabang menjalankannya,” kata Hasan.
Hasan menambahkan istighosah mendoakan keselamatan, kesejahteraan dan kemakmuran bangsa Indonesia, dan kedaulatan bangsa dihadapan bangsa-bangsa yang lain. Istighosah juga mendoakan agar ada jalan keluar dari bencana sosial yang menimpa, serta berharap para pemimpin bangsa mengambil kebijakan kebijaksanaan yang memihak pada rakyat.
Sementara itu Wakil Ketua Rois Syuriah PWNU Jatim, KH Anwar Iskandar mengatakan, warga NU meneguhkan komitmennya terhadap keselamatan Indonesia. Menurut warga NU, ujar Anwar, NKRI, Pancasila, UUD 45, dan Bhinneka Tunggal Ika adalah sudah final, negara ini negara bangsa, bukan negara agama.
Istighosah ini dihadiri sembilan kyai diantaranya, KH Anwar Mansur, KH Miftachul Akhyar, KH Tamim Romli, KH Nawawi Abdil Jalil, KH Khoil As’ad, KH Aza’im, KH Anwar Iskandar, KH Zainuddin Jazuli, dan KH Nurul Huda Jazuli.
Selain itu hadir pula Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Kapolda Jatim Irjen Pol Mahfud Arifin, Mensos Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf, dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. (ENA)

1 komentar: