Cari Blog Ini

Rabu, 18 Oktober 2017

Mantap...!!! 7 Prestasi Jokowi di Mata Dunia

Mantap...!!! 7 Prestasi Jokowi di Mata Dunia
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo alias Jokowi, sering dicaci di negeri sendiri. Selain dianggap kurang tegas, kurang bagus rapor di sektor ekonomi, ia juga dinilai terlalu melindungi kelompok tertentu. Masih banyak lagi tudingan ini-itu. Namun, ia ternyata memiliki reputasi yang luar biasa di mata dunia.
Berikut apresiasi serta penilaian beberapa lembaga asing seputar prestasi Jokowi:
1. Jokowi Masuk 5 Besar Pemimpin Dunia Paling Disukai di Facebook
Jokowi tercatat menjadi pemimpin kedua paling disukai di Asia setelah Perdana Menteri India, Narenda Modi. Hasil ini diperoleh melalui versi Burson-Marsteller, firma kehumasan dan komunikasi global, dalam siaran pers di Jakarta pada Selasa (19/1). Posisi berikutnya diikuti oleh Noynoy Aquino dari Filipina dan Presiden India, Pranab Mukherjee.
2. Jokowi Masuk Daftar 50 Pemimpin Terhebat Versi Fortune
Nama Jokowi kembali menarik perhatian dunia. Dia nangkring di nomor 37 dari 50 pemimpin terhebat di dunia yang dirilis Majalah Fortune pada saat menjadi Gubernur DKI Jaya. Jokowi masuk ke dalam daftar tersebut karena kiprahnya sebagai Walikota Solo, sebagai Gubernur DKI Jaya. Di Jakarta dan Solo, Jokowi dinilai telah banyak melakukan perubahan, dari soal tata ruang, hingga penanganan korupsi.
Jokowi bersanding dengan tokoh besar dunia lainnya di dalam daftar tersebut, seperti pemimpin gereja Katholik, Paus Franciscus dan Kanselir Jerman, Angela Merkel. Paus menempati urutan pertama, sementara Merkel di tempat kedua.
3. Jokowi Masuk Jajaran 100 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia 2015 versi Time.
Penilaian Presiden Jokowi masuk sebagai salah satu dari 100 tokoh paling berpengaruh di dunia tahun 2015, diberikan majalah Time, Kamis (16/4/2015). Time mengetengahkan pendapat mantan Presiden Bank Dunia dan mantan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Paul Wolfowitz.
Wolfowitz menjuluki Jokowi sebagai “Indonesia’s anti-extremist”. Awalnya, ia mengulas perjalanan karier Jokowi hingga jadi presiden. Mulai dari seorang pengusaha kemudian menjadi politisi. Wolfowitz menulis bahwa Jokowi merupakan orang biasa pertama yang mampu mencapai prestasi tersebut. Menurut Wolfowotz, sejak terpilih jadi presiden, Jokowi memancarkan aura muda dan melakukan pendekatan yang merakyat.
4. Jokowi Masuk Deretan Nama Muslim Paling Berpengaruh di Dunia.
Situs themuslim500.com merilis nama-nama 500 tokoh muslim yang berpengaruh di dunia. Untuk peringkat 50 besar terdapat nama Presiden Joko Widodo, Ketua umum PBNU Said Aqil Siraj dan mantan Ketua Umum Muhammadiyah yang sekaligus Mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia, Din Syamsuddin.
Situs themuslim500.com menempatkan Raja Yordania, Abdullah II Al Hussein di peringkat pertama. Adapun Jokowi menempati urutan ke-11. Presiden yang dikenal dengan budaya blusukan ini dinilai sebagai politikus yang bersih dari tuduhan korupsi dan nepotisme. Baik saat menjabat sebagai Walikota Solo maupun Gubernur DKI Jaya.
5. Jokowi Masuk The Leading Global Thinkers of 2013
Jokowi dinobatkan menjadi satu dari 134 tokoh terkemuka dunia versi pembaca majalah Foreign Policy yang diterbitkan di Amerika Serikat. Nama Jokowi masuk dalam kategori tokoh yang telah membuat gebrakan baru. Majalah tersebut menulis, nama lelaki jebolan Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada ini menjadi sangat populer karena sering blusukan ke tengah masyarakat. Nama Jokowi disejajarkan dengan pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiscus dan mantan kontraktor pada Badan Keamanan Nasional AS (NSA), Edward Snowden.
6. Jokowi Masuk Nominator 25 Walikota Terbaik DEunia Versi The City Mayors Foundation
Ketika masih menjadi Walikota Solo, Jokowi masuk kategori 25 walikota terbaik di dunia versi The City Mayors Foundation. Ia duduk di urutan pertama sebagai walikota terbaik. Posisi berikutnya diisi Walikota Tel Aviv (Israel) Ron Huldai, disusul Walikota Anegeles Citu (Filipina) Edgardo Pamintuan, dan Walikota Changwoon City (Korea Selatan) Park Wan Suu, serta Walikota Ankara (Turki), Melih Gokcek.
7. Jokowi Dinobatkan sebagai Man of the Year 2014 vewrsi Globe Asia Magazine
Majalah Globe Asia menjadikan Jokowi sebagai tokoh pada edisi Januari 2014. Majalah terbitan Globe Media Group ini menyematkan gelar “Man of the Year” pada Gubernur DKI Jakarta 2012-2014 itu. Dalam uraiannya, Globe menjelaskan Jokowi sebagai pemimpin yang mendefinisikan ulang arti kepemimpinan. Gaya sederhana dan membumi disebut oleh majalah berbahasa Inggris ini sebagai kunci kepemimpinan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini. “The next stage The Presidency,” tulis Globe Asia.

0 komentar:

Posting Komentar