Cari Blog Ini

Rabu, 18 Oktober 2017

Karena 5 Prestasi Ini, Jokowi Dipuji Dunia Internasional

Berada di kursi Pemerintahan, apalagi menjadi kepala negara, menuai pro dan kontra adalah hal yang biasa. Segala tindak-tanduk kepala negara dan jajaran pejabatnya tidak akan pernah berhenti menjadi sorotan. Sebagai rakyat yang baik memang sudah sewajarnya bersikap kritis terhadap Pemerintah demi kemajuan bersama.
Selama masa Pemerintahannya, Presiden Jokowi tidak pernah sepi dari banjir kritikan. Meskipun demikian, torehan prestasinya bukan berarti hanya nol besar. Ada beberapa kebijakan Jokowi yang menuai pujian bahkan dari dunia internasional. Apa saja?
Dilansir dari liputan6, berikut ini adalah 5 prestasi yang mampu mendatangkan pujian untuk Jokowi dari dunia internasional:
1. Kebijakan Tax Amesty
Untuk menstabilkan perekonomian Indonesia maka salah satu cara yang dilakukan oleh pemerintah adalah dengan mengeluarkan kebijakan tax amnesty. Sempat dipandang sebelah mata oleh berbagai pihak, ternyata keberhasilan tax amnesty mendapat pujian dari masyarakat internasional.
Pujian tersebut disampaikan langsung kepada Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan saat berkunjung ke Stanford University, Amerika Serikat.
2. Kebijakan Memangkas Subsidi BBM
Rupanya, keputusan Jokowi di awal masa pemerintahannya untuk memangkas subsidi BBM juga mendapat perhatian dari dunia internasional.
Dana subsidi BBM yang terlalu besar dinilai terlalu membenani negara. Dengan adanya pemangkasan subsidi maka dana bisa digunakan untuk bidang lain seperti perbaikan infrastruktur misalnya.
Pujian atas keberanian untuk memangkas subsidi BBM ini disampaikan oleh Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama di tahun 2015 lalu.
3. Perbaikan Kemudahan Usaha untuk UKM
Salah satu penggerak perekonomian bangsa adalah usaha kecil dan menengah karena usaha ini dijalankan langsung oleh rakyat.
Agar menumbuhkan rasa semangat di diri rakyat untuk mendirikan usaha maka kemudahan-kemudahan, seperti pengurusan perijinan dan lain sebagainya harus dipermudah dan bebas pungli.
Hal ini menuai pujian dari Director of Global Indicators Group Bank Dunia, Augusto Lopez Claros. Pemerintah Indonesia dinilai telah mengambil langkah tepat untuk dapat meningkatkan indeks kemudahan berbisnis terutama untuk usaha kecil menengah.
4.Paket Kebijakan Ekonomi
Masih penilaian dari Bank Dunia, paket kebijakan ekonomi pemerintahan Jokowi juga mendapatkan apresiasi. Melalui kebijakan tersebut, Bank Dunia menilai bahwa hal tersebut adalah kunci agar Indonesia keluar dari krisis ekonomi global.
Sebagai negara yang harus menjaga pertumbuhan ekonominya, melalui paket kebijakan ekonomi ini Indonesia akan mampu mempertahankan pertumbuhan ekonominya.
5. Reformasi Kebijakan Ekonomi
Reformasi kebijakan ekonomi dilakukan oleh pemeriintahan Jokowi salah satunya adalah dengan melakukan pengurangan subsidi BBM. Oleh Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde hal tersebut dinilai telah memberikan ruang fiskal bagi pembangunan infrastruktur dan pelayanan publik.
Pelayanan publik tersebut terutama meliputi bidang pendidikan dan kesehatan. Di tengah perekonomian global yang lesu, Lagarde menilai Indonesia mampu tumbuh sehingga menunjukkan Indonesia memiliki ketahanan ekonomi yang tangguh.

0 komentar:

Posting Komentar